Selasa, 14 Oktober 2014

PENGERTIAN PENERBANGAN DAN BANDAR UDARA



PENGERTIAN PENERBANGAN DAN BANDAR UDARA
Dalam bahasa inggrisnya penerbangan adalah Aviation yang berarti the operation of aircraft (penerbangan adalah pengoperasian pesawat terbang) dan the production of aircraft (penerbangan adalah produksi pesawat terbang).

Jasa pelayanan transportasi udara melibatkan berberapa unsur yaitu :
1.      Moda Transportasi Udara (pesawat terbang)
2.      Ruang Lalu Lintas Udara (rute penerbangan)
3.      Terminal (bandar udara)
4.      Muatan Udara (passenger dan Cargo serta Pos)

Selain ke 4 unsur utama diatas, dalam penyelenggaraan pelayanan penerbangan juga melibatkan unsur kelembagaan yaitu :
1.      Maskapai Penerbangan (operator)
2.      Instansi Pengelola Bandar Udara (Angkasa Pura)
3.      Regulator (pemerintah)

            Pelayanan penerbangan tidak berdiri sendiri tetapi membutuhkan dukungan pelayanan bandar udara sebagai terminal pemberangkatan (depatured terminal) dan terminal kedatangan (arrival terminal) bagi penumpang udara yang melakukan perjalanan udara ke dan dari berbagai kota yang dilayani, bagi penduduknya dan orang-orang yang dari luar.
           
Perjalanan udara terdiri dari perjalanan bisnis, perjalanan dinas, perjalanan wisata (liburan) dan perjalanan lainnya yang dapat menimbulkan dampak positif terhadap peningkatan dan pengembangan diberbagai kegiatan ekonomi dan sosial seperti peningkatan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat serta pemerintah kota/daerah, yang berarti juga peningkatan terhadap taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

1 komentar:

  1. Kunjungi juga blog kami seputar materi di dunia penerbangan https://materidasarpenerbangan.blogspot.com/2020/05/apa-itu-power-transfer-unit-pada-pesawat.html?m=1

    BalasHapus

Label

songs

rotary wings