Selasa, 28 Oktober 2014

HUBUNGAN BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DENGAN PARIWISATA



HUBUNGAN BUDAYA, EKONOMI, POLITIK DENGAN PARIWISATA
Budaya sangat erat kaitannya dengan pariwisata, karena di dalamnya terdapat makna yang mencakup segala hal yang merupakan hasil cipta, karya manusia. Sedangkan Pariwisata merupakan rangkaian perjalanan yang di lakukan oleh seseoarang atau kelompok orang diluar tempat tinggalnya yang bersifat sementara untuk berbagai tujuan (seperti berlibur, menikmati keindahan alam dan budaya, bisnis, dll).
Adanya Budaya di tempat pariwisata itu akan dapat memberikan nilai lebih bagi wisatawan yang datang untuk berkunjung ke tempat tersebut. Sehingga dapat juga di simpulkan bahwa pariwisata budaya merupakan aktivitas pertukaran informasi dan simbol – simbol budaya yang di dalamnya terdapat tempat, tradisi, kesenian, upacara, dan identitas yang lainnya yang terdapat di tempat tersebut untuk dapat dinikmati oleh setiap wisatawan yang datang berkunjung.
Budaya mencerminkan keadaan sosial dan alam suatu wilayah yang akan menjadi destinasi pariwisata, dimana tanpa adanya budaya kegiatan pariwisata tidak akan menarik lagi, akan terasa hambar dikarenakan budayalah yang menarik perhatian para wisatawan tersebut dan dengan adanya budaya jugalah mereka mengetahui seluk beluk serta kebiasaan hidup masyarakat daerah yang mereka kunjungi dan apabila ada budaya yang menurut mereka unik hal itu akan memberi rasa puas tersendiri bagi mereka.
Pariwisata dan budaya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dimana membentuk hubungan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Pariwisata tanpa adanya budaya dari masyarakat hanya akan menjadi suatu tema kegiatan “jalan-jalan” biasa, sehingga dalam perkembangannya bisa saja pariwisata di daerah tersebut tidak dapat berkembang karena terlalu monoton. Begitu juga dengan budaya, budaya tidak akan bisa diketahui oleh masyarakat luas tanpa adanya kegiatan pariwisata. Budaya di suatu daerah bisa menjadi suatu ikon pariwisata yang akan menjadi daya tarik wisata. Jadi hubungan antara pariwisata dan budaya bisa menimbulkan berbagai keuntungan, yaitu dapat meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja dan semakin terkenal di mata nasional maupun internasional sehingga secara tidak langsung budaya di daerah tersebut bisa semakin lestari.
Perkembangan pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya lokal, dimana terlihat pada pariwisata dapat memacu motivasi kreativitas seni para seniman untuk berkarya lebih inovatif dan lebih variatif sesuai dengan kebutuhan pariwisata.

                                                                                    Bahan : Berbagai Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings