Selasa, 14 Oktober 2014

PERKEMBANGAN PESAWAT TERBANG



PERKEMBANGAN PESAWAT TERBANG
Perang dunia I (1914-1918) memberikan dorongan yang kuat kepada kemajuan di bidang penerbangan, dimana pesawat terbang digunakan untuk menjatuhkan pesawat musuh dan menjatuhkan bom di daerah musuh. Pihak lawan pun melengkapi dirinya dengan pesawat terbang dengan tujuan yang sama. Mesin-mesin pesawat pun diganti dengan yang bertenaga lebih besar, demikian pula dengan konstruksi badan pesawat yang dibuat aerodinamis sehingga dapat bergerak lebih lincah di udara.

Gambar  Pesawat Militer PD I

Dalam masa perang dunia II kemajuan teknologi menunjukkan lagi perkembangan yang menakjubkan yaitu penemuan sistim radar dan perintisan ke arah pembuatan mesin jet. Kebutuhan militer akan pesawat terbang bukan hanya terbatas pada pesawat tempur saja, sudah menjadi kebutuhan pula akan sarana angkut militer yang memiliki mobilitas tinggi, berukuran besar yang sanggup mengangkut pasukan militer beserta peralatan tempurnya. Agar pasukan dan perlengkapan perang dapat diangkut, dibutuhkan ruangan yang cukup besar dan luas didalam pesawat terbang, ruangan ini disebut kabin.
Setelah perang dunia II berakhir, pesawat-pesawat terbang militer berbadan besar yang banyak jumlahnya berubah fungsi menjadi angkutan sipil dan POS antar kota dan antar negara.

Gambar Pesawat Militer PD II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings