ISTILAH – ISTILAH DALAM DUNIA GROUND HANDLING
Catatan :
Definisi dibawah
ini tidak ada hubngannya dengan aspek hukum dan hanya
bertujuan untuk
memberikan penjelasan.
AGENT
– RAMP.
Petugas yang mengawasi dan mengkoordinasikan
tugas-tugas pelayanan darat
ditempat parkir (apron) pesawat, baik pada waktu
pemberangkatan maupun
kedatangan.
AIRCRAFT
CONFIGURATION.
Gambar/denah bagian dalam cabin pesawat sesuai
rencana penjualan tempat
duduk.
AIRCRAFT
- LARGE CAPACITY.
Juga dikenal sebagai high capacity atau pesawat
berbadan lebar generasi baru dari
pesawat berbadan lebar antara lain : B 747, A 380.
AIRPORT
- ALTERNATE.
Bandara alternatif selain Bandar Udara tujuan yang
direncanakan dalam suatu
penerbangan.
AIRPORT
- DEPARTURE.
Bandar Udara Pemberangkatan.
AIRPORT
- DESTINATION.
Bandar Udara sebagai tujuan terakhir dari suatu
penerbangan.
AIRPORT
- ORIGIN.
Bandar Udara tempat awal dari suatu penerbangan
dimulai.
AIRWAYBILL.
Dokumen / Surat Muatan Udara yang dibuat oleh atau
atas nama pengirim barang
sebagai bukti kontrak antara pengirim dan
pengangkut untuk mengangkut barangbarang
melalui rute dari sipengangkut.
ALLOWED
TRAFIC LOAD.
Berat muatan yang boleh diangkut pada suatu sektor
penerbangan dan ini berbeda
dengan berat TOW dan OW.
ATTENDANT
- CARGO.
Orang yang ikut dalam penerbangan karena
muatan/cargo yang diangkut
memerlukan pengawasan khusus.
AUTOMATED
LOAD PLANNING.
Rencana berat muatan yang dibuat dengan sistim EDP.
BAGGAGE.
Disebut juga Luggage yakni barang-barang milik
penumpang yang dibawa dalam
perjalanan untuk dipakai/digunakan atau
barang-barang lainnya yang spesifik baik
sebagai bagasi tercatat atau barang bawaan kabin.
BAGGAGE
- CHECKED.
Juga dikenal sebagai bagasi tercatat ( registered )
yakni bagasi yang diserahkan
kepada pengangkut dan diberikan tanda terima (
claim tag ).
BAGGAGE
- CABIN.
Bagasi yang dibawa sendiri oleh penumpang ke kabin
( disebut juga hand baggage /
barang tentengan atau unchecked baggage / bagasi
tidak tercatat).
BAGGAGE
- CREW.
Bagasi ( barang-barang ) milik awak pesawat yang
bertugas dengan menggunakan
tanda pengenal khusus
BAGGAGE
- TRANSFER.
Barang (bagasi ) yang tiba disuatu Bandara dan
diteruskan dengan pesawat
penerbangan lain dalam batas waktu yang sudah
ditentukan.
BALANCE
CONDITION.
Angka yang menunjukan posisi dari titik
kescimbangan muatan (CG)
BALANCE
LIMITS.
Angka toleransi untuk keseimbangan, baik kedepan
maupun kebelakang yang masih
dalam batas keselamatan penerbangan.
BALLAST.
Berat muatan cuma-cuma yang harus dimuat untuk
mencapai titik keseimbangan
yang aman.
BASIC
INDEX.
Angka yang menunjukan titik keseimbangan dari
pesawat berdasarkan Basic Weight
dari pesawat tersebut.
BAY.
Ruangan khusus untuk memuat barang-barang dalam
container/pallet, misalnya
posisi untuk ULD.
BOARDING.
Disebut juga embarkasi, yakni waktu penumpang naik
ke pesawat udara.
BREAKING
STRENGTH.
Kekuatan yang diperlukan untuk mengikat suatu berat
maksimum supaya tetap
terikat dengan kuat tanpa :
a. Lepas ikatannya karena ada perubahan/penambahan
yang berulang-ulang pada
waktu memuat muatan.
b. Mengandung resiko jika kena guncangan sebesar 1
gaya gravitasi.
BULK.
Memuat muatan secara sepotong demi sepotong.
BULK
HEAD.
Dinding pembatas yang kokoh.
BULKHEAD
- STRESSED.
Dinding pembatas yang menyatu dengan bagian badan
pesawat yang dibuat agar
kuat menahan beban muatan.
CABIN.
Ruangan dimana tempat duduk penumpang terpasang.
CARGO.
Barang - barang yang dibawa dalam pesawat yang
dilindungi dengan Airwaybill /
Surat Muatan Udara
CARGO
- SERVICE.
Barang-barang milik perusahaan yang diangkut/dibawa
dalam pesawat.
CARRIERS.
Angkutan udara yang mengeluarkan ticket dan SMU dan
semua pengangkut yang
mengangkut atau membawa penumpang, bagasi, dan
cargo yang berhubungan
dengan segala ketentuan angkutan udara.
CATEGORY.
Jenis isi dari muatan.
CENTRE
OF GRAFITY atau CG.
Titik keseimbangan pesawat, ialah titik dimana
dapat dianggap sebagai tumpu beban
muatan.
CLASS.
Pemisahan / pengelompokan penumpang menurut
fasilitas dan pelayanan yang
diberikan.
COCKPIT.
Bagian dari pesawat sebagai tempat dimana pesawat
tersebut dapat dikemudikan.
COMPANY
- HANDLING.
Perusahaan / organisasi yang ditugaskan / ditunjuk
oleh airline untuk melaksanakan
sebagian pelayanan darat.
COMPARTMENT.
Ruangan terbatas yang ditentukan dalam sebuah
ruangan bersekat.
CONDITIONAL.
Suatu unsur format dengan tanda " C "
harus dicantumkan dalam suatu tabel.1 unsur
format tersebut dapat diabaikan jika tidak
tersedia.
CONSIGNMENT.
Dapat juga disebut dengan istilah SHIPMENT, yaitu
satu atau lebih potong barang
yang diterima oleh pengangkut dari seorang pengirim
dengan sebuah alamat dimana
dalam suatu kesatuan untuk diangkut dengan
dilindungi SMU kepada seorang
Penerima dengan suatu alamat tertentu ditempat
tujuan.
C R
E W - Flight
atau Cockpit.
Orang-orang yang mengemudikan pesawat dari ruang
kemudi.
CREW
- CABIN.
Orang-orang yang bertugas dalam pesawat udara
selain awak cockpit.
DANGEROUS
GOODS.
Barang - barang atau zat kimia yang dapat
menimbulkan resiko tinggi terhadap
kesehatan, keselamatan, keamanan penumpang atau
barang lainya jika diangkut
dengan pesawat udara yang diklasifikasikan dalam
Peraturan Dangerous Goods
IATA.
DEAD
LOAD.
Bagasi, Cargo, Barang-barang Pos, Ballast, dan
barang-barang dalam compartemen
yang tidak termasuk dalam Dry Operation Weight (
DOW ) dari pesawat.
DECK
Pesawat dengan struktur satu lantai dapat disebut
sebagai Main Deck ( lantai utama
Untuk pesawat dengan struktur lantai lebih dari
satu, lantai tersebut disebut sebagai
Lower Deck ( lantai bawah )
Main Deck ( lantai utama )
Upper Deck ( lantai atas )
DENSIT'Y.
Perbandingan Berat dan Isi, misalnya
Barang per Cubic meter atau Kg / m3 lb per cubic
fleet / lb / ft 3
DEPARTURE
CONTROL SYSTEM (DCS).
Sistim otomatis untuk check-in, kapasitas dan
kontrol muatan dan pemberangkatan
suatu penerbangan.
EDP
- SYSTEM.
Proses data secara clektronik, misalnya sistem
elektronik komputer.
ENROUTE.
Disebut juga melalui yaitu pergerakan antara titik
keberangkatan hingga titik tujuan.
EQUIPMENT
IN COMPARTMENT (EIC).
Peralatan yang diangkut oleh pesawat yang tidak
termasuk dalam daftar barang,
tidak ditempatkan disembarang tempat tapi termasuk
dalam perhitungan komposisi
berat. Misalnya : Flight Kit tambahan.
FACILITATION
(FAL).
Tindakan umum yang diambil oleh suatu perusahaan
penerbangan dengan
Pemerintah dan Badan lainnya, untuk memberikan
kemudahan-kemudahan dengan
cara menyederhanakan prosedur-prosedur dan
meningkatkan fasilitas-fasilitas.
FLIGHT.
Operasi penerbangan sebuah pesawat antara dua
tempat atau lebih.
FLIGHT
NUMBER.
Huruf / angka yang ditentukan untuk suatu
penerbangan, diletakan didepan dengan
dua atau tiga huruf tertentu yang telah ditetapkan.
FLOATING
PALLET.
Adalah ULD termasuk muatannya sekurang-kurangnya
diatas dua posisi pallet dan
tidak mempergunakan alat pengaman pallet dari
sistem pengaman ULD, melainkan
diikat ke struktur pesawat dengan memakai pengikat
dan cantelan.
FUEL
- TAKE-OFF.
Bahan bakar yang diangkut setelah dikurangi bahan
bakar yang terpakai sebelum
lepas landas.
FUEL
- TRIP.
Bahan bakar yang diperkirakan terpakai sejak lepas
landas hingga mendarat di
station tujuan yang direncanakan pertama.
FUELLING.
Pengisian, pengurangan bahan bakar, kalibrasi
terjadi bahan bakar, tes aliran bahan
bakar dan pengosongan tangki bahan bakar.
G -
FORCES.
Penambahan/pengurangan gaya berat akibat muatan
selama penerbangan.
Percepatan atau perlambatan dapat menyebabkan berat
muatan jadi bertambah
atau berkurang dan perubahan tersebut dilambangkan
dengan “ g “
Angka 2g menunjukan gaya berat menjadi dua
kali lipat.
GALLEY.
Bagian integral dari pesawat dimana dapur pesawat
dan muatan ditempatkan.
GENERAL
DECLARATION.
Dokumen standard yang memuat beberapa rincian dari
suatu penerbangan yang
diperlukan untuk izin dari Badan Pemerintah dalam
beberapa negara.
HARD
COPY.
Salinan yang dicetak dari teks elektronik.
H O L
D.
Ruangan yang dibatasi oleh atap, lantai, dinding
dan sekat yang dipakai untuk
mengangkut muatan.
INDEX
UNIT.
Menyatakan momentum misalnya berat X jarak titik
keseimbangan yang ditimbulkan
oleh beban tambahan terhadap pesawat untuk mencapai
titik keseimbangan yang
aman.
INTERFACE.
Perubahan antara pemakai dan sistem atau antara
pemakai dengan beberapa
sistem atau antara dua sistem atau lebih.
IGLOO
- NON STRUCTURAL.
Kerangka tanpa alas yang kokoh terbuat dari
fibreglass, baja atau bahan lainnya
yang memenuhi syarat, disesuaikan dengan lingkungan
badan pesawat maksudnya
menutupi seluruh ruangan yang dapat dipakai untuk
pallet dan tempat dimana pallet
tersebut diikatkan. Kerangka yang dipakai secara
kombinasi dengan pallet dan
jaring pengaman ini dikenal sebagai Non-Structural
IGLOO.
INJECTION
WATER.
Cairan yang dipakai di pesawat untuk meningkatkan
kemampuan daya lepas dalam
kondisi yang memerlukan.
INTERCHANGE.
Pemindahan antara dua pesawat yang berbeda tipe
atau yang dapat dipakai antara
tipe pesawat yang berbeda yang dimiliki oleh perusahaan
penerbangan yang sama
atau berbeda.
INTERLINE.
Pemindahan dari suatu perusahaan penerbangan ke
penerbangan yang lain.
JOINING.
Naik ke pesawat atau memuat muatan di stasiun
persinggahan.
LEFT.
Dimaksudkan sebelah kiri dari arah terbang.
LOAD.
Yaitu muatan yang diangkut oleh pesawat selain
Basic Operating Weight.
LOAD
CONTROL.
Fungsi untuk memastikan kapasitas daya angkut
terpakai secara maksimum dan
pendistribusian berat muatan yang memenuhi syarat
keselamatan sesuai aturan
operasional.
LOAD
ACCESSORIES.
Termasuk alat-alat pengikat container tempat duduk
(untuk memuat barang diatas
kursi di kabin ), container untuk memuat barang
setelah kursi dilepas, tandu, barang
yang dipakai sebagai isolasi atau pelindung (
seperti mangkuk plastik, tas plastik ),
rak gantungan baju, papan atau plat, alat untuk
barang - barang berharga ( kantong )
kumpulan jaring dan tas, kandang binatang hidup,
alat penutup apapun.
Catatan : ULD tidak termasuk loading accecories.
LOADED
INDEX.
Menunjukan titik keseimbangan pesawat setelah diisi
bahan bakar dan atau dimuat.
LOADING.
Menaikan muatan atau ULD ke pesawat sesuatu
ketentuain loading instruction.
LOADING
INSTRUCTION.
Instruksi yang dikeluarkan oleh Load Control kepada
petugas yang bertanggung
jawab memuat muatan ke pesawat.
LOADING
REPORT.
Loading instruction yang sudah ditandatangani
dengan segala catatan
penyimpangan, diserahkan kembali kepada Load
Control untuk ditindak lanjuti.
LOADSHEET.
Loadsheet yang lengkap terdiri dari seluruh data
berat berhubungan dengan suatu
penerbangan, antara lain : Berat pesawat, Awak
pesawat, Pantry, Bahan bakar,
Bagasi, Cargo dan Surat - surat Pos, juga berisikan
rincian distribusi muatan di
pesawat jika diperlukan.
MAIL.
Jenis barang yang diangkut berdasarkan Konvensi Pos
Internasional.
MAIL
- DIPLOMATIC.
Barang-barang milik Pemerintah yang diangkut atas
perjanjian khusus.
MAIL
- SERVICE.
Korespondensi antar perusahaan penerbangan yang
diangkut pesawat atas ijin
khusus dari pejabat Kantor pos.
MANDATORY.
Unsur format dengan tanda "M" yang
berisikan bagian ketentuan dasar dari prosedur
dan harus selalu ada.
MANIFEST
- PASSENGER.
Dokumen muatan yang berisi daftar nama penumpang
yang diangkut oleh pesawat.
MESSAGE.
Dimaksud sebagai otak yang paling cepat yang
dipakai untuk mengirim berita
mengacu kepada SITA telex atau Data Printer.
MOVEMENT.
Kedatangan atau keberangkatan sebuah pesawat.
NETS.
Jaring dari anyaman yang dilekatkan keruang pesawat
atau ke ULD dengan maksud
untuk mengikat muatan dalam ruang barang atau ULD.
NET
WEIGHT.
Selisih berat keseluruhan dengan berat ULD kosong
berikut tali pengikat / pengait.
ON-LINE.
a). Diantara satu perusahaan penerbangan atau satu
sistem.
b). Tersambung ke sistem komputer.
OPTIONAL.
Unsur format dengan tanda " 0 " boleh
tidak diadakan jika tidak dipersyaratkan oleh
perusahaan penerbangan atau Peraturan Pemerintah,
Pengabaian dari unsur
tersebut adalah terlepas dari unsur lainnya dan
tidak berpengaruh kepada unsur
lainnya.
PALLET
- AIRCRAFT.
Kerangka dengan permukaan yang rata sesuai standard
pesawat dimana diatasnya
disusun muatan dan diikat dengan tali, jaring, iglo
dan kemudian dikaitkan/dikunci ke
badan pesawat, untuk mencapai kecepatan,
menaikkan/menurunkan pallet, lantai
pesawat dilengkapi sistem ban berjalan dan sistem
pengendalian yang sama sudah
menjadi bagian dari sistem tersebut.
PASSENGER
CLOSE OUT TIME.
Waktu dimana sudah tidak boleh menerima penumpang
untuk diangkut dalam suatu
penerbangan.
PAYLOAD.
Berat dari Penumpang, Bagasi, Cargo dan Angkutan
Pos dan termasuk muatan yang
dikenakan biaya administrasi dan bebas biaya.
REAL
TIME.
Sistem komputer yang memproses masukan dan respon
dengan cepat atau dalam
beberapa detik.
REGISTRATION
- AIRCRAFT.
Huruf / Angka yang unik yang ditentukan untuk
sebuah pesawat terbang.
RESTRICTION
SEATING.
Batasan yang diperlukan untuk menempati tempat
duduk tertentu untuk mencapai
persyaratan keseimbangan, Tempat duduk tersebut
tidak boleh ditempati waktu
tinggal landas dan mendarat.
RIGHT.
Dimaksudkan sebelah kanan dari arah terbang
SEATING.
Prosedur dimana penumpang memperoleh tempat duduk,
bisa bebas ditentukan
atau dipilih.
SEATING
CONDITION.
Keadaan yang timbul sesudah para penumpang duduk.
SECTION
Bagian ruangan muatan yang bukan untuk container /
pallet,.
Misalnya : bagian jaring ( net )
SECTION
- CABIN
Pembagian dari kabin menjadi beberapa zone untuk
tujuan keseimbangan.
SECTOR.
Disebut juga " Leg " yaitu jarak antara
dua pemberhentian yang berurutan sesuai
jadwal penerbangan.
SPREADER.
Peralatan biasanya berupa papan dimana muatan
diletakkan diatasnya, agar berat
dari muatan tersebut menjadi merata pada permukaan
yang lebih luas agar tidak
melampaui batas maksimum kemampuan daya tahan
lantai.
SPECIAL
LOAD.
Suatu muatan yang karena jenis atau nilainya
memerlukan perhatian dan
penanganan khusus selama dalam proses penerimaan,
penyimpanan,
pengangkutan, pemuatan dan pembakaran.
STATION.
Dikenal juga dengan Airport
SYSTEM.
Metode otomatis, termasuk peralatan dengan
program-program untuk melaksanakan
fungsi seperti Pembukuan, Weight and Balance dan
sebagainya.
TARE
WEIGHT
Berat kosong sebuah ULD, termasuk tali-tali dan atau
pengait dan sebagainya, jika
ini dipersyaratkan oleh spesifikasi atau oleh IATA.
TIE-DOWN.
Sama seperti Restraint / Secure / Lash yaitu cara
yang dipakai untuk mengikat
muatan yang lepas atau bagiannya untuk
mengencangkan pengikat pada badan
pesawat atau pada ULD untuk memastikan sudah
terikat dengan baik menurut
peraturan keselamatan.
TIE
DOWN POINT.
Tempat mengaitkan dari alat-alat pengikat untuk
mengamankan muatan pada badan
pesawat dan atau ULD.
TIE-DOWN
EQUIPMENT.
Terdiri dari sebagian atau seluruh barang-barang
tersebut dibawah ini, yang sudah
di-nyatakan boleh untuk dipakai :
- Cincin Pengaman.
- Tali-tali.
- Anyaman.
- Jaring.
- Tali-tali tambang.
- Kabel.
- Rantai.
TOP
UP.
Muatan tambahan yang dapat ditambahkan karena masih
terdapat sisa kapasitas.
TRAFFIC.
Aktifitas pengangkutan penumpang, bagasi, cargo dan
angkutan pos.
TRANSFER.
Traffic yang tiba dari suatu penerbangan dan
diteruskan dengan penerbangan
lainnya dari perusahaan yang sama atau perusahaan
lain dengan batas waktu
tertentu.
TRANSHIP.
Pemindahan langsung dari pesawat ke pesawat dari
ULD dan atau muatan lainnya.
TRANSIT.
Traffic yang tiba dari suatu penerbangan dan
dilanjutkan dengan penerbangan yang
sama.
TRANSIT
FLIGHT OR THROUGH FLIGHT.
Pemberhentian penerbangan disatu atau lebih airport
en-route.
TRANSIT
STATION AIRPORT.
Tempat pemberhentian penerbangan sesuai jadwal.
TRANSIT
TIME.
Waktu selama pesawat berhenti di transit.
UNDER
LOAD.
Selisih antara daya angkut dengan jumlah muatan
yang tersedia.
UNIT
LOAD DEVICE ( ULD).
Tempat memuat barang lepas secara berurutan menjadi
satu kesatuan untuk dimuat
ke pesawat sebagai satu unit.
UNLOADING.
Membongkar muatan dari dalam pesawat.
VERSION.
Hal ini dipakai untuk mengetahui konfigurasi
pesawat berikut dengan rincian
peralatan yang diangkut.
WEIGHT
- BASIC.
Berat dasar adalah " berat kosong " atau
' berat pesawat " termasuk peraturanperaturan
tetap, sistem zat cair/ gas, sisa bahan bakar dan
konfigurasi peralatan
termasuk struktur galley.
WEIGHT
- CATERING.
Peralatan catering dan makanan/minuman untuk
dibagikan selama penerbangan
kepada penumpang dan awak pesawat.
WEIGHT-DRY
OPERATING.
Basic weight ditambah berat keperluan operasi (
antara lain: Crew, Bagasi crew,
Alat-alat penerbangan dan Pantry sesuai spesifikasi
perusahaan dan ini sama
dengan Operational Empty Weight
WEIGHT
- LANDING.
Take off-weight dikurangi Trip fuel.
WEIGHT-MAXIMUM
ZERO FUEL.
Batas berat yang ditentukan diluar kenaikan daya
angkut harus terdiri dari bahan
Bakar yang dapat dipakai dan bahan-bahan bakar
lainnya yang terpakai (a.l. Injection
Water).
WEIGHT
- PANTRY.
Berat alat catering yang bisa dipindahkan.
WEIGHT
STANDARD.
Berat yang disyahkan oleh Badan Pemerintah untuk
tujuan Weight and Ballance
untuk muatan-muatan yang diangkut secara regular.
WEIGHT
- TAKE OFF.
Zero fuel weight ditambah take-off fuel.
WEIGHT
- ZERO FUEL.
Total traffic load ditambah dry operating weight.
Informasinya sangat berharga untuk saya yang berprofesi penerjemah. Ada lagi istilah yang perlu saya ketahui, "Ramp Loading" itu apa artinya ya pak? Terima kasih :)
BalasHapus