Standar Pelayanan petugas di Chek in
Counter
Berikut standar pelayanan yang harus di lakukan
petugas di chek in counter :
·
Menyapa
dengan sopan disertai senyuman kepada penumpang yang datang disertai dengan
ucapan selamat pagi, selamat siang atau
selamat sore dan selamat malam.
·
Meminta
dokumen perjalanan penumpang, seperti tiket,
paspor, visa dan lain-lain.
·
Mencocokkan
nama di tiket penumpang dengan ID Card, PNL atau PNR dan langsung menyapa
dengan menyebut namanya, seperti Mr. Bonie, Mrs Hilda dan lain sebagainya.
·
Menimbang
bagasi kalau ada dan mencantumkan atau memasang baggage calim tag ke bagasi
yang bersangkutan.
Jikalau
penumpang mempunyai kelebihan berat bagasi segera infokan dan di beri tahu
harus membayar berapa, bagaimana cara pembayarannya kemudian di buatkan excess
baggage tiketnya.
·
Memeriksa
paspor, visa dan dokumen lainnya (untuk tujuan luar negri)
·
Menanyakan
apakah ada special request seperti tempat duduk, makanan dan lain sebagainya.
·
Kalau
semua sudah beres, petugas harus memberikan boarding pass ke penumpang di
sertai kelengkapan dokumen lainnya yang sudah di periksa.
·
Memberitahukan
jam keberangkatan serta di mana ruang tunggunya.
·
Dan
jangan lupa mengucapkan terima kasih dan selamat jalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar