Selasa, 18 Maret 2014

PROSEDUR KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN PENUMPANG PESAWAT TERBANG



PROSEDUR KEBERANGKATAN PENUMPANG
Setiap perusahaan penerbangan harus menginformasikan perkiraan waktu berangkat (estimated time of depature / ETD) dan perkiraan waktu tiba/datang (estimated time of arrival / ETA) yang harus tercantum di dalam time table, reservation maupun monitor / display sign board di bandara sehingga calon penumpang bisa mempersiapkan dirinya.

Perlu juga di ketahui karakteristik dan bagaimana perlakuan terhadap penumpang, sebagaimana di ketahui bahwa penumpang adalah seseorang yang menggunakan jasa angkutan udara dengan membayar sejumlah uang untuk maksud tersebut dan kepadanya di berikan tanda bukti berupa tiket yang sah di luar pilot dan cabin crew.

Kewajiban perusahaan penerbangan adalah mengangkut dan melayani penumpang tersebut sesuai perjanjian berupa tiket dengan sebaik-baiknya.



Beberapa hal yang perlu dipersiapkan petugas sebelum check-in counter dibuka :
·         Passenger manifest (passanger name list)
·         Boarding Pass (untuk manual)
·         Baggage claim tag
·         Label / tag lainnya seperti : security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked baggage tag.
·         Excess baggage ticket
·         Seat allocation, serta special seat (request)
·         Purser Information
·         Form Passenger Baggage Weight Sheet (PBWS) / Stowing Baggage list
·         Form Passenger Transfer Message (PTM)
·         Form Baggage Allowance, serta cara menghitung excess baggage
 

Alur Keberangkatan Penumpang
Alur keberangkatan penumpang seperti dibawah ini :
Ø  Entry
Ø  Security check
Ø  Check in counter
Ø  To gate
Ø  Security check
Ø  Gate number
Ø  Check Boarding pass
Ø  Waiting Room
Ø  Board to Aircraft.

Hal pertama yang dilakukan penumpang ketika tiba di bandara adalah menuju ke chek in counter dengan membawa tiket, bagasi dan tas tentengan (kalau ada). Setelah memeriksa tiket, petugas chek in counter akan menimbang bagasi untuk melihat apakah ada kelebihan berat atau tidak. Bila lebih, calon penumpang akan diminta membayar excess baggage dan petugas akan memberikan excess baggage tiket sebagai bukti pembayaran kelebihan itu. Setelah proses excess selesai maka petugas chek in counter akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim tag serta mengembalikan sisa tiket (cover tiket yang manual).


Dari chek in counter, penumpang di arahkan ke bagian counter airpotax (untuk saat ini pembelian airpotax di sebagian bandar udara sudah bisa melalui pelayanan chek in counter) setelah itu penumpang menuju ke pemeriksaan imigrasi (untuk keberangkatan luar negri) lalu setelah itu baru masuk ke ruang tunggu (waiting room) untuk menunggu boarding time.

PROSEDUR KEDATANGAN PENUMPANG
Di bandingkan dengan prosedure keberangkatan penumpang, prosedure kedatangan penumpang lebih singkat dan sederhana. Namun demikian, persiapan dan pelayanan terhadap kedatangan penumpang tidak boleh berkurang ataupun sekedarnya saja, tetap harus di berikan layanan yang prima.

Prosedure petugas di bagian kedatangan atau Arrival haruslah sebagai berikut :     
1. Petugas di bagian kedatangan pesawat/penumpang haruslah mengetahui jam-jam kedatangan pesawat (ETA = Estimated Time Arrival), sehingga bisa mempersiapkan diri.
2.   Mereka juga harus mengetahui apakah ada penumpang yang transit, yang ditansfer, dan yang turun di tujuan akhir.
3.   Penumpang yang akan transit akan diberi transit card. Penumpang yang di transfer / transit atau pindah pesawat akan segera dibantu sehubungan dengan tempat duduk, bagasi.
4.   Dan bagi mereka yang sampai ditujuan akhir, akan dibimbing ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan pasor, visa (untuk kedatagan internasional).
5.      Mengarahkan penumpang ketempat pengambilan bagasi.
6.      Jika ada bagasi yang hilang atau rusak, penumpang dipersilahkan ke bagian lost & found untuk melaporkan kejadian.

Dari uraian di atas jelas tergambar bahwa kegiatan kedatangan penumpang lebih singkat dan simpel yaitu lebih tertuju kepada mendampingi dan memberikan petunjuk dan informasi kepada para penumpang ketika tiba / mendaratdi bandara serta di mana tempat pengambilan bagasi penumpang (baggage claim area).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings