Senin, 23 Desember 2013

SYARAT DAN KETENTUAN SERTA KEBIJAKAN MASKAPAI TERKAIT PENGIRIMAN CARGO





Apa tujuan dari pengangkut membuat suatu persyaratan dan ketentuan tentang pengangkutan suatu muatan?

Tujuan perusahaan menerapkan syarat dan ketentuan serta kebijakan didalam pengangkutan/pengiriman barang/cargo yang berbahaya adalah untuk melindungi serta menjaga nama baik perusahaan pengiriman agar terhindar dari jeratan hukum.

  Syarat dan ketentuan biasanya dibuat untuk :
      PROSEDUR PENGIRIMAN
      PEMERIKSAAN KIRIMAN
      LARANGAN KIRIMAN
      JAMINAN KEPEMILIKAN KIRIMAN
      GANTI RUGI
      TATACARA  KLAIM

A. PROSEDUR PENGIRIMAN
1.      Perusahaan hanya akan mengangkut barang atau dokumen dengan kondisi SSP (Syarat Standar Pengiriman) yang jelas.
2.      Perusahaan pengiriman barang berhak mengangkut dokumen atau barang milik Shipper melalui jalur dan prosedur yang benar dan safety.
3.      Pembungkusan dokumen atau barang Shipper untuk pengangkutan merupakan tanggung jawab Shipper.
4.      Perusahaan pengiriman barang tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokument atau barang yang di akibatkan ketidak sempurnaan pembungkusan oleh shipper.
5.      Shipper bertanggung jawab untuk mencantumkan alamat lengkap, tujuan kiriman, jenis atau isi kiriman, dokumen atau barang agar pengantaran di lakukan dengan tepat.
6.      Perusahaan pengiriman barang tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kehilangan, kerusakan, dan biaya-biaya yang di timbulkan akibat kelalaian, kesalahan Shipper.

B. PEMERIKSAAN KIRIMAN
Hal ini di lakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan barang yang telah di bungkus oleh shipper serta memberikan ganti rugi.
       1.   Perusahaan pengiriman barang berhak untuk menolak tetapi tidak berkewajiban memeriksa barang atau dokumen yang di kirim oleh shipper.
  1. Perusahaan pengiriman dalam menjalankan haknya tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh kiriman adalah layak untuk pengangkutan dan pengantaran tanpa melanggar hukum di semua kota asal, tujuan, atau yang di lalui kiriman tersebut.
  2. Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap kiriman yang isinya tidak sesuai dengan keterangan yang di berikan shipper terhadap perusahaan.

C. LARANGAN KIRIMAN
   1.      Perusahaan tidak menerima :
barang berbahaya yang bisa meledak atau terbakar, obat obatan terlarang, emas dan perak, uang logam, abu, cyanide, platimum dan batu atau metal berharga dan perangko dan barang curian, cek tunai, money order, atau traveller's cek, surat, barang antik, lukisan antik, binatang atau tanaman hidup.

   2.      Apabila shipper mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan perusahaan pengiriman barang, maka shipper membebaskan perusahaan pengiriman barang dari seluruh klaim atas kerusakan, biaya yang mungkin timbul serta tuntutan dari pihak manapun.

  1. Perusahaan pengiriman barang berhak untuk mengambil langkah-langkah yang di anggap perlu segera setelah perusahaan pengiriman barang mengetahui adanya pelanggaran terhadap kondisi ini.

D. JAMINAN KEPEMILIKAN KIRIMAN
         1.      Shipper dengan ini menjamin bahwa yang bersangkutan adalah pemilik yang sah dan berhak atas dokumen atau barang yang di serahkan untuk di kirimkan oleh perusahaan pengiriman barang.
  1. Shipper dengan ini menyatakan pembebasan perusahaan pengiriman barang dari tuntutan pihak manapun dan dari seluruh biaya kerusakan dan atau biaya lainnya apabila terjadi pelanggaran.

E. GANTI RUGI
        1.      Perusahaan pengiriman barang hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian akibat kerusakan atau kehilangan dari pengiriman dokumen atau barang dikarenakan kelalaian perusahaan pengiriman.
  1. Perusahaan pengiriman barang tidak bertanggung jawab terhadap kerugian atau kerusakan akibat bencana alam atau force majeure.

F.  TATA CARA  KLAIM
           1.      Setiap klaim harus di sampaikan secara tertulis dan paling lambat 14 hari kerja setelah tanggal penerimaan.
  1. Jumlah klaim tidak dapat di perhitungkan dengan jumlah tagihan dari Perusahaan pengiriman barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings