Isian Singkat
1. Setelah
perang dunia II berakhir, pesawat-pesawat terbang militer berbadan besar yang
banyak jumlahnya berubah fungsi menjadi apa?
Jawab
: Angkutan sipil dan POS
2. Pesawat
udara yang lebih ringan dari udara (LIGHTER THAN AIR) disebut apa?
Jawab : Pesawat Udara Aerostatis
3. Berat
pesawat pada suatu pergerakan pesawat disebabkan oleh gaya apa?
Jawab : Garvitasi bumi
4. Aircraft
flight control system (AFCS) atau sistim kendali pesawat terbang erat sekali
hubungannya dengan apa?
Jawab : flight control
surface (FCS) atau bidang kendali terbang
5. Bidang
kendali yang terletak pada horizontal stabilizer disebut dengan apa?
Jawab
: elevator
6. Apa
resiko yang terjadi ketika derajat kemiringan flaps tidak sama?
Jawab : gagal take off
/ pesawat bisa terbalik
7. Suatu
kondisi dimana pengereman terjadi pada landasan (Runway) yang tergenang air
ataupun basah maka diperlukan suatu alat yang bernama apa?
Jawab : Anti Skid
8. Wilayah
di bandara tempat aktifitas persiapan dan kedatangan pesawat udara disebut apa?
Jawab : Ramp Area /
Apron
9. Kewenangan
untuk mengambil alih pekerjaan dari Pilot In Command (PIC) beserta cabin
crewnya disebut dengan kegiatan apa?
Jawab : Arrival
Handling
10. Penanganan
penumpang dan pesawat selama berada di bandara adalah salah satu ruang lingkup
batas pekerjaan dari?
Jawab : Ground Handling
Essay
1. Apa
yang anda ketahui tentang ICAO dan IATA? Jelaskan dengan singkat kedua
organisasi dunia tersebut.
Jawab :
Yang di maksud ICAO adalah
International Civil Aviation Organitation yang di sebut juga organisasi
penerbangan sipil internasional. ICAO didirikan pada tanggal 4 April 1947. Badan khusus PBB ini
berkantor pusat di Montreal Kanada. Konsep ICAO di bentuk dalam sebuah
konferensi di Chicago tahun 1944 untuk membahas hal-hal yang mengenai
kepentingan timbal balik dalam bidang transportasi udara.
Yang dimaksud IATA atau Asosiasi
Pengangkutan Udara Internasional adalah sebuah organisasi perdagangan
internasional yang terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan berjadwal dan
tidak berjadwal. IATA bermarkas di Montreal, Kanada. Didirikan pada April 1945
di Havana, Kuba.
2. Apa
perbedaaan balon udara dengan kapal udara?
Jawab :
Perbedaaan balon udara
dengan kapal udara adalah balon udara lebih mengikuti arus
angin, sedangkan kapal udara memiliki sistem propulsi untuk dorongan ke depan
dan sistem kendali.
3. Bagaimana
pesawat udara dapat terbang dan bagaimana gaya angkat dapat terbangkit di
sayap? Jelaskan dengan singkat.
Jawab :
Pada dasarnya,
sayap lah yang memberi gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang, sedangkan
engine hanya memberi gaya dorong (thrust) untuk bergerak maju.
Secara
mudah dapat dijelaskan bahwa gaya angkat terbangkitkan karena ada perbedaan
tekanan di permukaan atas dan permukaan bawah sayap.
4. Jelaskan
dengan singkat sistim kerja dari 3 bidang kendali Primary Control Surface pada
suatu pesawat terbang.
Jawab :
Sistim kerja Aileron
Jika seorang pilot ingin melakukan roll atau bank
atau berguling kekanan, maka yang dilakukan oleh pilot adalah :
menggerakan
stick control atau tuas kemudi ke arah kanan, sehingga secara mekanik akan
terjadi suatu pergerakan di mana aileron sebelah kanan akan bergerak naik dan
aileron kiri bergerak turun.
Sistim kerja Elevator
Jika
pilot menginginkan pesawat melakukan pitch up or down (gerakan menaikan dan
menurunkan nose). Maka yang dilakukan adalah dengan menggerakan stick control
pada cockpit ke depan atau ke belakang.
Sistim kerja Ruder
Rudder
bekerja dengan perantara sistem mekanik yang bernama rudder pedal. Seperti
halnya pedal rem atau gas pada mobil. Terdapat dua pedal yaitu kiri dan kanan
yang masing-masing untuk pergerakan yaw kiri dan kanan.
5. Sebutkan
5 kegiatan dari aktifitas Ramp Handling.
Jawab :
1.
Flight Preparation
2.
Arrival activities
3.
Unloading
4.
Loading
5.
Depature Activities
Tidak ada komentar:
Posting Komentar