BIDANG KENDALI YANG MEMBANTU PADA
PROSES PENGEREMAN
- Spoiler
- Flaps
- Landing Gear
- Reverse Thrust
- Auto Brake
- Anti Skid
Bagaimana
Sistim kerja Bidang kendali tersebut?
Spoiler dan
Flaps
berguna
sebagai airbrake (gaya hambat udara) untuk mengurangi daya
dorong dan daya angkat pesawat.
Landing gear
gunanya
untuk mengurangi sedikit kecepatan pesawat dan alas untuk mendarat pada saat touch
down (menyentuh tanah).
REVERSE
THRUST
fungsinya
adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.
AUTOBRAKE
Proses
pengereman ini menggunakan rem hidrolik atau hampir sama dengan pengereman pada
mobil biasa.
Autobrake
hanya digunakan saat kecepatan pesawat sudah lambat.
Selain itu
ada suatu kondisi dimana pengereman terjadi saat landasan (Runway) yang
tergenang air ataupun basah maka diperlukan suatu alat yang bernama ANTI SKID.
Anti Skid :
adalah
perangkat sistem yang menjaga agar rem pesawat dapat bekerja secara serasi
antara roda kiri dan kanan dengan mengatur jumlah tekanan hidrolik kepada rem
pesawat agar tidak terkunci dan menimbulkan slip.
APAKAH PROSES PENGEREMAN PADA
PESAWAT KOMERSIAL SAMA DENGAN PESAWAT TEMPUR?
Proses
pengereman pada pesawat tempur berbeda dengan pesawat komersil,
Dimana, untuk
pesawat tempur memerlukan tambahan seperti :
1. Parasut
2. Kabel
Pengait
3. Jaring
Penahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar