Senin, 23 Desember 2013

PENGEREMAN PADA SUATU PESAWAT TERBANG



BIDANG KENDALI YANG MEMBANTU PADA PROSES PENGEREMAN
  1. Spoiler
  2. Flaps
  3. Landing Gear
  4. Reverse Thrust
  5. Auto Brake
  6. Anti Skid

Bagaimana Sistim kerja Bidang kendali tersebut?
Spoiler dan Flaps
berguna sebagai airbrake (gaya hambat udara) untuk mengurangi daya dorong dan daya angkat pesawat.

Landing gear
gunanya untuk mengurangi sedikit kecepatan pesawat dan alas untuk mendarat pada saat touch down (menyentuh tanah). 

REVERSE THRUST
fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.


AUTOBRAKE
Proses pengereman ini menggunakan rem hidrolik atau hampir sama dengan pengereman pada mobil biasa.

Autobrake hanya digunakan saat kecepatan pesawat sudah lambat.

Selain itu ada suatu kondisi dimana pengereman terjadi saat landasan (Runway) yang tergenang air ataupun basah maka diperlukan suatu alat yang bernama ANTI SKID.

Anti Skid :
adalah perangkat sistem yang menjaga agar rem pesawat dapat bekerja secara serasi antara roda kiri dan kanan dengan mengatur jumlah tekanan hidrolik kepada rem pesawat agar tidak terkunci dan menimbulkan slip.


APAKAH PROSES PENGEREMAN PADA PESAWAT KOMERSIAL SAMA DENGAN PESAWAT TEMPUR? 

Proses pengereman pada pesawat tempur berbeda dengan pesawat komersil,

Dimana, untuk pesawat tempur memerlukan tambahan seperti :
1. Parasut
2. Kabel Pengait
3. Jaring Penahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings