Senin, 23 Desember 2013

IN FLIGHT SERVICE




Pelayanan penumpang didalam penerbangan di laksanakan oleh Crew/awak pesawat yang
terdiri dari :
¡  cockpit crew
¡  cabin crew

Cockpit Crew adalah awak pesawat yang bertugas di kokpit, seperti :
    • Pilot In Comand (PIC) adalah kapten dalam penerbangan yang bertindak sebagai pimpinan didalam penerbangan.
    • First Officer (FO) adalah Co Pilot yang bertugas sebagai asisten dalam penerbangan.
    • Flight Enginer merupakan montir penerbangan.

Cabin Crew adalah awak pesawat yang bertugas didalam kabin pesawat untuk memberikan
pelayanan kepada penumpang, seperti :
    • Puser/Cabin Superintendant adalah pimpinan awak kabin
    • Steward/Pramugara bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan. Pramugara adalah laki-laki.
    •  Stewardess/Pramugari bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama penerbangan. Pramugari adalah perempuan.

Ada beberapa istilah dalam penerbangan diIndonesia yang memberikan suatu pelayanan
kepada penumpangnya, seperti :
¡  Full Service
¡  Medium Service
¡  Low Cost Carrier (LCC)
¡  Low Far Carrier (LFR)

¡  Full Service
maskapai penerbangan memberikan pelayanan secara maksimal terhadap kebutuhan konsumen dimulai dari tersedianya makanan, snack, kapasitas bagasi yang lebih dan masih banyak lagi yang tentunya dengan harga yang sesuai.

¡  Medium Service
maskapai penerbangan masih menyediakan snack dan kapasitas bagasi yang hampir sama dengan jenis full service yang tentunya dengan tarif yang lebih terjangkau oleh konsumen biasa.

¡  Low Cost Carrier (LCC)
atau sering disebut penerbangan bertarif rendah,
di mana maskapai tersebut tidak menyediakan makanan ataupun snack tetapi menjual makanan di dalam pesawat tersebut dan juga mempunyai kapasitas bagasi yang sedikit lebih sedikit dibandingkan dua sistem lainnya.

¡  Low Far Carrier (LFR)
hampir sama dengan Low Cost Carrier dimana hanya menawarkan harga murah saja tetapi belum sepenuhnya mendukung prinsip-prinsip LCC  dimana struktur cost dan produktifitas maskapai masih tergolong mahal.

Pada umumnya, airlines melakukan penambahan layanan yang memiliki value added dengan penambahan catering, penyediaan newspaper atau magazine, in flight entertainment, in flight shop, lounge, free taxy after landing, exclusive frequent flier services, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings