Sabtu, 30 November 2013

VISIT BANDARA SSK II PEKANBARU 2013





Di hari jumat tanggal 25 oktober 2013 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi SMK Manajemen Penerbangan Pekanbaru untuk mengadakan kunjungan ke bandara Sutan Syarif Qasim II Internasional Pekanbaru.

Kunjungan ini merupakan aplikasi dari mata pelajaran yang sudah dan sedang mereka pelajari yaitu bandar udara dan Cargo Handling.

Acara ini direncanakan akan ditaja setiap tahunnya, dimana setiap siswa dan siswi diwajibkan melakukan visit sebelum mereka terjun ke lapangan untuk On Job Training (OJT).

Visit ke bandara ini di dampingi oleh guru bidang studi beserta Ketua Jurusan dan dipandu oleh pihak Angkasa Pura II sendiri sebagai tuan rumah.

Area yang pertama kali mereka datangi adalah Terminal Building, dimana para siswa dan siswi dapat melihat secara langsung kegiatan di sisi Land Side bandara yaitu Publik Area, Restricted Area dan Non Publik Area.

Mereka melihat langsung bagaimana sistim yang bekerja pada tiap-tiap area / wilayah kerja yang dimaksud dan ikut juga merasakan atmosfernya.

Dapat dijelaskan disini bahwa Publik Area tersebut adalah area untuk umum dimana semua orang (pemegang tiket ataupun pengantar serta pengunjung) dapat saling berinteraksi, untuk Restricted Area hanya diperuntukan bagi si pemegang tiket ataupun orang-orang yang sudah mendapatkan izin untuk beraktifitas didalamnya, sedangkan Non Publik Area adalah area yang benar-benar sterill, dimana hanya diperuntukkan si pemegang tiket yang sudah melakukan chek in tiket atau bagi penumpang yang sudah memegang boarding pass saja.

Area kedua yang mereka datangi adalah gudang Cargo, dimana untuk kesana siswa dan siswi melalui sisi Air Side sehingga secara tidak langsung mereka melihat kegiatan Aircraft dan Ramp Handling...wow kerennya....


Dapat penulis jelaskan disini bahwasannya kunjungan ke bandara ini dilakukan oleh siswa dan siswi kelas 10 dan kelas 11 (Foker, Airbus, Boeing dan Dreamline).

Kelas 11 (Dreamline) melakukan visit ke gudang cargo sedangkan kelas 10 visit ke Air Rescue Service.

Di gudang Cargo siswa dan siswi melihat secara kegiatan handling suatu cargo dan melihat bagaimana penanganan terhadap muatan yang ada, sedangkan di area Air Rescue Service siswa dan siswi merasakan bagaimana bekerja sebagai seorang Air Rescue Service.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan semoga dengan visit ini siswa - siswi SMK Manajemen Penerbangan dapat terbuka matanya mengenai peluang kerja yang nantinya menunggu mereka...Amin.



1 komentar:

Label

songs

rotary wings