Minggu, 24 November 2013

PENYEBAB SISWA PEMALAS DAN RAJIN MENCONTEK





Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat seorang siswa malas belajar dan menjadi rajin untuk mencontek, seperti :

1.      ADA YANG BISA DIANDALKAN
Seorang siswa bisa malas belajar karena punya teman yang lebih pintar darinya untuk diandalkan, baik untuk mengerjakan PR, maupun saat mengerjakan soal ulangan. Siswa yang seperti ini biasanya mengharapkan contekan agar mendapatkan nilai yang tinggi atau setidaknya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
 
Dengan begitu, siswa yang tidak belajar pun bisa mendapatkan nilai yang baik, bahkan bisa lebih tinggi dari yang memberi contekan.....asyik.

Akhirnya timbul persepsi tak harus belajar untuk mendapatkan nilai yang baik dan timbul budaya malas. Siswa yang rajin harus belajar sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai yang baik, tetapi siswa yang malas malah bersantai ria dan selalu tinggi nilai pelajarannya dari yang rajin.

2.      BANYAK SANTAI ATAU BERMAIN
Terlalu banyak santai atau bermain juga dapat menumbuhkan sikap malas dalam belajar.

Misalnya seorang siswa selepas pulang dari sekolah bermain sampai sore. Tiba waktu malam mau belajar terasa lelah dan mengantuk. Akibatnya siswa tersebut lebih memilih istirahat daripada belajar.

Selain itu, bisa juga siswa menggunakan waktu belajar sebagai waktu bersantai atau untuk bermain. Bukannya bersantai atau bermain itu dilarang, tetapi siswa harus membagi waktu antara bersantai atau bermain dan belajar.

3.      BOSAN TERHADAP PELAJARAN TERTENTU
Siswa ada yang malas belajar secara keseluruhan dan adan juga yang bosan belajar terhadap mata pelajaran tertentu saja.

Biasanya mereka paling malas atau bosan untuk belajar mata pelajaran yang mengandung kegiatan seperti berhitung,menghapal ataupun bahasa asing. Padahal pelajaran tersebut sangat penting untuk mereka sendiri.

4.      BERKUMPUL / BERGAUL
Pergaulan juga menjadi faktor siswa bisa malas belajar.

Sikap seseorang dapat dipengaruhi oleh dengan siapa ia bergaul. Kalau bergaul dengan teman-teman yang malas belajar, siswa juga bisa terpengaruh sehingga dapat menyebabkan siswa malas belajar. Apalagi saat mau belajar, ada teman yang mengajak keluar, baik untuk bermain maupun berjalan-jalan.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi siswa untuk memilih pergaulan yang tidak berdampak buruk bagi dirinya.

5.      PACARAN
Pacaran sudah menjadi trend di kalangan pelajar, terlebih pelajar SMA. Pacaran bisa menjadikan siswa malas belajar. Siswa yang pacaran bisa menggunakan waktu belajar untuk saling berkirim SMS atau telepon bersama sang kekasih.

Mana yang lebih indah, memikirkan pelajaran atau memikirkan pacar?

Mana yang lebih berguna bagi masa depan, belajar atau berpacaran?


6.      BOKAP AND NYOKAP (ORANG TUA)
Peran orang tua juga dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa. Orang tua yang tidak menegur ketika anaknya malas belajar, dapat membuat anak tersebut malas belajar. Mereka lebih santai karena tidak ditegur saat tidak belajar. Namun, ada kalanya anak yang sudah ditegur juga tetap malas belajar. Mungkin karena faktor yang lain dan hanya tuhan serta siswa itu sendiri yang tahu....preeeeet.

Sekarang tergantung anda-anda sendiri untuk menyikapinya, mau maju dan sukses dengan menjadi siswa yang rajin atau tetap dengan kegiatan harian yaitu selalu menjadi siswa yang pemalas dan rajin mencontek.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings