Jumat, 20 Februari 2015

HUMAN FAKTOR





APA ITU HUMAN FAKTOR ???
Human Faktor atau Faktor Manusia
 adalah disiplin ilmu yang mempelajari prilaku manusia secara fisik dan psikologi serta hubungannya dengan lingkungan.




Human factor
adalah aktivitas tentang manusia dalam kehidupan maupun situasi kerja

 


Manusia sebagai makhluk individu memiliki perbedaan dalam hal kemampuan untuk menyelesaikan tugas / pekerjaan, menggunakan peralatan, meskipun terkadang telah dilakukan pelatihan atau perekrutan secara profesional dengan kualifikasi pekerjaan yang sama.

Menurut Chapanis (1985)
human factor berhubungan dengan informasi mengenai tingkah laku, kemampuan, dan keterbatasan manusia serta karakteristik mengenai perancangan peralatan, mesin, sistem, pekerjaan dan lingkungan untuk menghasilkan keamanan, kenyamanan, dan efektifitas dalam penggunaannya.

MENGAPA KITA PERLU MEMPELAJARI HUMAN FAKTOR ???

  1. Manusia adalah merupakan penyebab terjadinya accident dan incident pesawat udara.
  2. Terjadinya accident atau incident dapat ditelusuri jauh sebelum kejadian.
  3. Human factor dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi terhadap aktifitas yang dilakukan, peningkatan terhadap kemampuan menggunakan peralatan, menurunkan kesalahan yang ditimbulkan serta peningkatan produktifitas.
  4. Human factor akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan, menurunkan stress dan kelelahan, kemudahan terhadap adaptasi, meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan dan yang terpenting adalah meningkatkan kualitas hidup dari manusia yang bekerja.



Secara garis besar, kegiatan manusia dapat digolongkan dalam dua komponen utama yaitu :
  1. kerja fisik (menggunakan otot sebagai kegiatan sentral)
  2. kerja mental (menggunakan otak sebagai pencetus utama).

Kedua kegiatan ini tidak dapat dipisahkan secara sempurna mengingat terdapat hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya.

Faktor manusia juga didefinisikan sebagai aplikasi ilmiah mengenai kapasitas dan batasan yang dimiliki manusia dalam perancangan sistem atau produk atau lingkungan dan sebagainya agar aman, efektif, efisien, produktif dan mudah digunakan.

Faktor manusia merupakan aplikasi ilmiah mengenai kekuatan dan kelemahan manusia dalam perancangan sebuah sistem atau teknologi.

Faktor manusia sering disamakan dengan ergonomi, usability engineering, ergonomi kognitif, atau user-centered design.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings