Jumat, 19 Desember 2014

CREW RESOURCE MANAGEMENT (CRM)

APA ITU CRM?


CRM atau Crew Resource Management adalah pelatihan wajib bagi para awak pesawat guna memperkecil resiko kecelakaan akibat human error dan pelatihan mengenai sikap perilaku, cara berkomunikasi, penyelesaian konflik sampai pada pengambilan keputusan.

CRM dikenal juga dengan nama lain seperti, manajemen sumber daya kokpit, manajemen sumber daya flightdeck, manajemen sumber daya kru dan manajemen sumber daya pemeliharaan.
Pelatihan CRM mencakup berbagai macam pengetahuan, keterampilan dan sikap termasuk komunikasi, kesadaran situasional, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan kerja sama tim. 


CRM berkaitan dengan keterampilan kognitif dan interpersonal yang dibutuhkan untuk mengelola sumber daya dalam sistem yang terorganisir.

Dimana, ketrampilan kognitif didefinisikan sebagai proses mental yang digunakan untuk mendapatkan dan mempertahankan kesadaran situasional didalam memecahkan masalah dan serta untuk membuat keputusan.

Sedangkan keterampilan interpersonal dianggap sebagai kegiatan yang berhubungan dengan perilaku kerja sama tim dalam hal berkomunikasi.

Jadi, CRM bertujuan untuk menumbuhkan iklim atau budaya di mana kebebasan untuk saling bertanya sesama crew dianjurkan. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran situasional, kesadaran diri, sikap kepemimpinan, sikap ketegasan, sikap pengambilan keputusan, sikap fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi. 

ada 4 komponen dari CRM
1.      Software
-     regulasi manual
-     tandar operasi prosedur (SOP)
2.      Hardware
-     kokpit (instrumen kokpit, kursi pilot komputer sistem dll)
3.      Environment
-     temperatur
-     noise
-     vibration
-     wheater
-     terrain
-     landing
-     approach
4.      Liveware
-     pilot
-     flight crew
-     ATC
-     maintenance perosnel
-     Ground crew
-     people in the en route centers
 
Faktor yang melekat pada CRM
1.      komunikasi
2.      pengaturan prioritas
3.      beban kerja manajemen
 
Pelatihan CRM untuk kru telah diperkenalkan dan dikembangkan oleh seluruh organisasi penerbangan sipil dan militer di seluruh dunia. Pelatihan CRM sekarang menjadi syarat mutlak pilot dibawah pengawasan organisasi penerbangan di seluruh dunia, termasuk FAA (AS) dan JAA (Eropa).

Demikianlah uraian singkat mengenai Crew Resource Managemen semoga bisa bermanfaat.

dari berbagai sumber media



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

songs

rotary wings